Breaking News

TAGANA ADALAH ORGANISASI SOSIAL ATAU ORGANISASI PELAYANAN MANUSIA




TAGANA sebagai organisasi pelayanan sosial atau organisasi pelayanan manusia mempunyai serangkaian karkteristik sebagi berikut :

Tujuan organisasi ini adalah untuk memproses serta merubah manusia sebagai alat untuk mencapai hasil akhir yang bersifat sosial. Selanjutnya yang menjadi sasaran sekaligus juga sebagai masukan dan keluaran utama organisasi ini adalah manusia. Mengingat tujuannya yang beraneka ragam, maka organisasi pelayanan sosial kerapkali harus menentukan prioritas diantara tujuan-tujuan ini, yang diantaranya dapat saling kontradiksi, misalnya pencegahan, pemberdayaan, perlindungan dan rehabilitasi.

Organisasi ini banyak sekali menangani peristiwa-peristiwa yang sifatnya non rutin, terutama karena sasaran yang dihadapinya merupakan sasaran sosial yang reaktif dengan perilaku yang kadangkala sulit diprakirakan sehingga mempersulit pengendalian dan pencapaian tujuan. Situasi khas organisasi ini adalah situasi pemecahan masalah yang berkesinambungan sehingga menuntut persyaratan prestasi yang tinggi dari personel organisasi.

PRINSIP PENANGGULANGAN BENCANA

One Command (Satu Komando)

One Rule (Satu Aturan)

One Corps/ Unity (Satu Korsa/ Unit)





MOTTO TAGANA

“ We are The First To Help and Care “



SLOGAN TAGANA

“SIGAP TAGANA”

TAGANA melakukan kegiatan pada semua fase siklus bencana tetapi yang utama adalah

pada saat sebelum bencana terjadi, yaitu tahap kesiapsiagaan (sesuai dengan petunjuk dan peraturan).





PERAN TAGANA Dalam PENANGGULANGAN BENCANA BIDANG BANTUAN SOSIAL

Peran TAGANA adalah pelaku pertama sebagai komunikator, motivator, dinamisator dan fasilator.

Selanjutnya pelaku kedua adalah masyarakat itu sendiri.

Tidak ada komentar