Breaking News

Seorang Penyelam Dari TIM SAR Gabungan Meninggal Saat Proses Evakuasi Lion Air JT610

Salah seorang anggota Tim SAR gabungan meninggal dunia saat mengevakuasi korban dan serpihan pesawat Lion Air di perairan Karawang, Jawa Barat, Jumat (2/11). Penyelam bernama Syachrul Anto yang merupakan anggota Indonesian Diver Rescue Team itu, diduga meninggal akibat dekompresi.

Syachrul Anto, 'pahlawan kemanusiaan' tragedi Lion Air JT 610
Syachrul Anto, 'pahlawan kemanusiaan' tragedi Lion Air JT 610
Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya Muhammad Syaugi mengkonfirmasi kabar duka itu dan menyatakan turut berbelasungkawa atas gugurnya relawan tersebut

"Almarhum adalah personil yang kualitasnya tinggi, militan, senior, jam selam cukup tinggi," ujar Syaugi kepada wartawan, Sabtu (03/11) siang.

"Saya sangant mengapreasiasi relawan-relawan ini, tanpa diminta mereka semangat untuk melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan," imbuhnya.

Kabar duka tersebut pertama kali muncul di akun media sosial milik Yosep Safrudin, rekan Syachrul pada Sabtu (3/11) dini hari.

"Innalillahi wainnailaihirojiuun. Pahlawan kemanusiaan yg sangat mulia. Terlibat beberapa kali evakuasi korban pesawat (Lion, Air Asia) dan Kapal pelni. Harus berakhir jatah rezekinya di alam fana ini di perairan karawang saat mengevakuasi beberapa paket Jenazah JT610," tulis Yosep.

Yosep Safrudin, rekan Syachrul Anto, menyebarkan berita duka cita melalui laman media sosialnya
Yosep Safrudin, rekan Syachrul Anto, menyebarkan berita duka cita melalui laman media sosialnya
Kematian salah satu anggota tim penyelam Basarnas itu kemudian dikonfirmasi Dansatgas SAR, Kolonel Laut (P) Isswarto.

"Korban dari sipil, penyelam Basarnas," kata Isswarto, Sabtu (3/11) pagi.

Dia menambahkan, proses penyelaman untuk mencari badan pesawat dan korban pesawat Lion Air JT-610 sudah dihentikan pada pukul 16.00 WIB, namun Syachrul masih berada di bawah air.

"Sore jam setengah lima (kecelakaan terjadi). Kita tutup jam empat karena cuaca gelap, saya close. Tapi kok masih ada yang menyelam," terang dia.

Syachrul kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara, dalam keadaan tidak sadar.

Dokter di Instalasi Gawat Darurat RSUD Koja langsung melakukan pemeriksaan dan menyatakan korban sudah meninggal.

Di kalangan rekan-rekannya sesama penyelam, Syachrul dikenal sebagai sosok yang aktif dalam misi kemanusiaan. Dia juga terlibat membantu korban gempa dan tsunami di Palu-Donggala.

"Baru satu minggu kembali dari Palu. Minta di jemput di (bandara) Halim dua hari yang lalu, pinjam alat selamku (dan kemudian) minta diantar ke posko evakuasi JT610 di Priok," kenang Yosep.

Evakuasi Lion Air JT-610 menjadi misi kemanusiaan terakhir bagi Syachrul.

Sumber : https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-46081626?ocid=socialflow_facebook

Tidak ada komentar